Mabit Kelas 5-6 Menjadi Penutup Sanlat Kali Ini

Al-Multazam(21/04), Sebagai penutup kegiatan pesantren kilat (sanlat) ramadhan 1443H, SDIT Al-Multazam menyelenggarakan kegiatan Mabit yang diikuti oleh kelas 5 dan 6. Kegiatan tersebut dilaksanakan dari hari Rabu, 20 April 2022 sampai dengan Kamis, 21 April 2022 Pukul 8.00 WIB.

Agenda kegiatan ini diawali oleh pendirian tenda, pada pukul 9.30 Santri Ikhwan dan Akhwat bergerak menuju lapangan untuk pendrian tenda. Lapangan atas digunakan oleh Santri Akhwat dan Lapangan belakang digunakan oleh Santri Ikhwan. Acara pendirian tenda berlangsung sampai dengan pukul 12.00 dilanjutkan dengan shalat Dzuhur berjamaah.

Setelah shalat Dzuhur, Kegiatan berikutnya adalah pelatihan memanah. Memanah merupakan salah satu olahraga yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW. Pelatihan memanah dilaksanakan di area sekitar Masjid Al-Multazam. Para santri diajari teknik memanah yang baik dan benar beserta pengenalan jenis-jenis alat memanah.

Sementara itu, untuk kegiatan sore hari yaitu berbagi ta’jil, dimana perwakilan santri bersama pembimbing membawa ta’jil untuk di bagikan ke warga sekitar SDIT Al-Multazam.

Untuk kegiatan di malam hari, yaitu Motivasi bersama Kang Udin yang dilaksanakan di Masjid SDIT. Pada kegiatan motivasi ini, materi yang disampaikan salah satunya yaitu pentingnya adab dalam menuntut ilmu dan menghormati orangtua.

Diakhir acara yaitu di tutup dengan kegiatan shalat tahajud bersama, sahur bersama, shalat shubuh berjamaah dan kuliah subuh. Untuk santri yang membaca alqur’an terbanyak diberikan reward untuk memotivasi santri yang lain akan pentingnya membaca Al-Qur’an.

Ada pembelajaran yang penting dalam kegiatan kali ini, salah satunya yaitu saat menjelang sore turun hujan deras sehinga tenda yang sudah didirikan tidak bisa ditempati dan harus berpindah ke kelas. Namun hal tersebut tetap para santri syukuri dan sudah menjadi kehendak Allah itulah yang terbaik. (Hh)

    Leave Your Comment Here