Kegiatan Liburan Qur’ani “Memetik Rindu Ramadan bersama Al-Qur’an” di SDIT Al-Multazam

6 April 2024 – SDIT Al-Multazam dengan bangga mengumumkan keberhasilan acara liburan Qur’ani dengan tema “Memetik Rindu Ramadan bersama Al-Qur’an” yang diselenggarakan pada tanggal 30 Maret hingga 5 April 2024. Kegiatan ini, yang berlangsung di bulan suci Ramadan, disambut antusias oleh 136 santri kelas 1 hingga 6 yang bersemangat untuk mendalami koneksi spiritual mereka dengan Al-Qur’an.

Kegiatan ini bertujuan untuk menghadirkan suasana yang penuh berkah dalam bulan Ramadan, sambil memberikan kesempatan kepada santri untuk mendalami serta merasakan kedalaman makna ayat-ayat suci Al-Qur’an.

Berbagai kegiatan menarik telah diselenggarakan sepanjang acara, termasuk:

Ziyadah Hafalan: Santri diberikan waktu dan dukungan untuk meningkatkan hafalan mereka atas ayat-ayat Al-Qur’an.

Setoran Hafalan: Momen dimana santri dapat menunjukkan kemajuan hafalan mereka dan mendapat dorongan positif dari guru.

Murajaah: Sesi peninjauan ulang terhadap hafalan yang sudah dipelajari sebelumnya, membantu dalam mempertahankan dan memperbaiki bacaan.

Panahan: Kegiatan fisik yang melibatkan kesabaran dan ketelitian, menciptakan kesempatan bagi santri untuk melatih keterampilan dalam lingkungan yang berbeda.

Games: Berbagai permainan dan aktivitas yang mendidik, membawa kesenangan dan belajar secara bersamaan.

Tes Tahfizh dan Tasmi: Evaluasi terhadap kemajuan hafalan dan kemahiran dalam membaca Al-Qur’an.

Santunan Anak Yatim: Sebuah kegiatan amal yang mengajarkan nilai-nilai kepedulian dan kebersamaan kepada santri.

Wisuda: Puncak dari kegiatan ini adalah sesi wisuda, di mana santri yang telah menunjukkan prestasi dalam hafalan dan pembacaan Al-Qur’an akan dihargai dan diapresiasi dengan baik.

“Kegiatan semacam ini memberikan kesempatan berharga bagi santri untuk memperdalam pemahaman mereka tentang Al-Qur’an dan merasakan kehadiran spiritual yang kuat dalam bulan Ramadan.” ujar Ustadzah Tita Yulianti, S.T.P., Kepala Sekolah SDIT Al-Multazam.

Diharapkan bahwa melalui kegiatan semacam ini, santri dapat memperkuat ikatan mereka dengan Al-Qur’an, meningkatkan pemahaman mereka tentang nilai-nilai Islam, dan menyambut bulan Ramadan dengan hati yang penuh keikhlasan dan keberkahan.

Leave Your Comment Here